Surabaya Berpotensi Sebagai Pusat Ekonomi Indonesia

Kota Surabaya diprediksikan bakal dapat menyaingi Singapura dalam periode waktu 10 th. lagi. Kalau biaya serta akses masuk Surabaya lebih murah jadi Surabaya bakal jadi simpul di kelas Internasional, Terang pak Kresnayana Yahya seorang Ahli Statistika Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, pada Minggu 3 Mei kemarin.

Argumennya masuk akal. Kresnayana menilainya Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sudah lakukan lompatan yang demikian jauh
Argumennya masuk akal. Kresnayana menilainya Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sudah lakukan lompatan yang demikian jauh. Tata kota serta tata kelola yang dikerjakan Pemkot Surabaya sudah menggeser trend dari kota pertanian jadi pusat perdagangan lokasi timur.

Dari histori yang dicatat oleh Krsnayana, Kota Surabaya alami pergantian dari kota perdagangan ke kota industri. Sekarang ini Surabaya telah alami lompatan dari kota industri jadi kota service layanan.

Buktinya yaitu pengembangan bandara, pelabuhan, service umum, serta moment-event internasional yang kerap diadakan. Surabaya sudah menunjukkan bakal menyaingi Singapura. Tetapi untuk wujudkan hal semacam itu, dibutuhkan saat 10 th. lagi untuk melakukan perbaikan beragam infrastruktur. Seperti pelebaran lokasi bandara serta pelabuhan.

“Di Kota Surabaya saat ini telah jadi pusat industri knowledge, dan juga ketrampilan, ” katanya sambil mencontohkan seperti perubahan usaha trading, saham, serta logistik. Dibanding dengan Kota Jakarta yang sudah terlebih dahulu memulai, komposisinya saat ini 60 berbanding 40 % untuk saat ini. Satu waktu nanti pasti dapat meraih 50 % bahkan juga menaklukkan Jakarta juga sebagai pusat ekonomi Indonesia.

Hal semacam ini yang bikin pasar property di Surabaya alami perkembangan, walau dengan cara nasional pembangunan lokasi perumahan tengah lesu.

Ketua DPD Real Estate Indonesia (REI) Jawa Timur Totok Lucida menuturkan, pembangunan lokasi perumahan di Surabaya memanglah tumbuh 50 % dalam satu tahun kemarin. Untuk Tahun ini saja sudah ada 20 apartemen yang di bangun serta tengah dalam sistem perizinan.

Dia juga menuturkan bahwa mulai sejak kepemimpinan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini trend tunjukkan pembangunan perumahan telah ke arah yang lurus dengan rencana dan tujuan. Ini pas sudah sesuai serta searah dengan rencana pemerintah pusat surabaya itu sendiri, jelasnya lagi.

Bahkan juga sebagian waktu lalu, pihaknya menggenjot perkembangan bidang property dengan memudahkan sistem perizinan. Totok memperkirakan bahwa tumbuhnya pasar property akibatnya karena pengaturan Kota Surabaya juga sebagai pusat kota layanan service telah sukses. Kota Surabaya sudah jadi percontohan nasional terutama dalam service perizinan, jelasnya.
Facebook CommentsShowHide

0 komentar



Halaman